4 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card Yang Rusak


Memory external atau sering disebut juga kartu SD (SDCard) atau juga kartu memory adalah salah satu perangat yang sangat penting pada saat ini. Walaupun dengan gempuran gadget yang mempunyai memori internal yang cukup gila tetapu tetap saja para pengguna membutuhkan memori eksternal yang bertujuan untuk menyimpan data-data mereka.

Nah bagi kalian yang memiliki kartu eksternal dan mengalami masalah tidak terbacanya kartu memory tersebut (Damage), disini saya akan memberikan 4 tips mudah mengatasi memory yang rusak. Dengan memory yang tak terbaca akan membuat kita sulit dalam memindahkan data yang ada pada memory tersebut.

Dalam mengatasi masalah memory yang tak terbaca di android tersebut, mari kalian simak baik-baik caranya dibawah ini.
Baca juga : 6 Cara Mudah Merawat Gadget Agar Terlihat Baru
Cara Mudah Memperbaiki Memory Card Yang Rusak :
  • Cara 1 : Dengan format di PC
Jika kartu MicroSD kalian terbaca dan ketika di lihat pada PC baik-baik saja meski tidak terbaca pada Android kalian bisa melakukan hal berikut :
  1. Buatlah folder baru pada Hardisk, dan kalian beri nama asal saja yang kamu ingat kalau folder yang kalian buat ini akan digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara atau juga bisa dibilang backup data pada kartu memory kalian yang bermasalah tadi.
  2. Copy semua data yang ada pada karu memory tadi, dan paste pada folder baru yang kalian buat tadi.
  3. Apabila sudah tersalin semua data pada memory kalian yang rusak kalian lanjut ke tahap selanjutnya yaitu memformat kartu memory tersebut.
  4. Apabila pemformatan sudah selesai kalian kembalikan data-data yang ada pada folder baru tadi kedalam kartu memory kalian.
  5. Coba kalian cek pada memory, apabila sudah selesai pengcopyan kalian langsung colokan kembali ke android kalian.
  6. Coba kalian cek, sudah bisa terbaca kembali pada android kalian atau tidak.
  • Cara 2 : Pem-formatan lewat Andoid
Format ulang agar bisa memperbaiki memory rusak
Kalian bisa langsung memformat kartu memory itu lewat gadget android kalian, kalian hanya perlu :
  1. Masuk pada menu Setting >> Storage.
  2. Pada menu tersebut kalian bisa melihat pilihan Erase SD Card atau pada gadget ane Format SD Card. Dengan kalian melakukan penghapusan SD Card otomatis memory yang kalian lakukan pemformatan tersebut akan kembali seperti kalian baru membelinya atau kosong semua.
  • Cara 3 : Bersihkan kartu memory
Usap pada area lempengan kuning
Memersihkan memory yang saya maksudkan yaitu pembersihan dari debu, yap pada kartu memory hal yang paling sensitif adalah lempengan kuning pada memory tersebut. Jika lempengan kuning tersebut kotor bisa saja menjadi salah satu masalah, jadi agar memory bisa digunakan kembali apabila rusak kalian bisa melakukan hal yaitu :
Baca juga : 5 Tips Mudah Menghemat Pemakaian Kuota 4G Pada Android
  1. Cabut memory kalian daria gadget, pastikan sebelum mengeluarkannya gadget dalam posisi sudah mati.
  2. Kalian ambil penghapus pensil, lalu kalian gunakan penghapus tersebut untuk membersihkan lempengan kuning pada memory Lakukan perlahan dan sampai bersih.
  3. Apabila dirasa sudah bersih kalian masukan kembali memory kalian kedalam gadget lalu kalian lihat apakah sudah terbaca pada gadget atau belum.
  • Cara 4 : Cek Eror pada PC
Cek dan fix masalah yang menyebabkan memory rusak
Apabila ketiga cara diatas masih belum juga bisa membetulkan memory kalian, yang kalian lakukan adalah melihat erornya lewat PC. Bagaimana caranya? Langsung saja kalian terapkan cara berikut :
  1. Kalian hubungkan gadget android ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel USB.
  2. Pastikan sebelum terhubung dengan PC gadget kalian dalam mode Mass Storage Mode (MSC), bukan pada mode Media transfer mode(MTP).
  3. Selanjutnya kalian masuk ke Windows explorer pada pc atau laptop, kemudian kalian klik kanan di Drive pada kartu memory kalian, selanjutnya kalian masuk ke Properties >> Tools >> Error Checking, kalian tunggu proses pengecekan tersebut sampai selesai.
  4. Ketika pengecekan error tersebut selesai kalian Eject gadget kalian, lalu coba kalian lihat apakah kartu memory kalian sudah terbaca atau belum.
Sekian dulu 4 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card Yang Rusak, semoga kartu memory kalian bisa kembali lagi seperti sedia kala hahaha. Terimakasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card Yang Rusak"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Diskripsi Blog